Tahap Interaksi dengan Kalimat Syahadat

Syahadatain merupakan ruh yang melandasi keyakinan, pemikiran dan perbuatan orang-orang mukmin. Untuk merealisasikannya mukmin mesti berinteraksi dengan kandungan makna syahadatain yang didasari cinta dan ridha sehingga menjadi sibghoh kepada hati, akal, dan jasad.

Layaknya orang yang sedang jatuh cinta, dia akan merasa senang jika yang dicintainya senang. Dia akan marah jika yang dicintainya marah. Dia akan benci apa yang dibenci kekasihnya.

Tentunya ada alasan bagi seseorang untuk mencintai kekasihnya. Tidak mungkin seseorang mencintai sesuatu tanpa sebab. Seperti orang yang sedang jatuh cinta, mungkin ia berharap orang yang dicintainya bisa memberikan cinta kepadanya.

Para sahabat rasulullah, sangat besar cintanya kepada Allah. Mereka bahkan rela kehilangan teman, kerabat, harta bahkan nyawa untuk Allah.

Usman bin affan meninggalkan seluruh hartanya di mekah untuk berhijrah ke madinah.

Betapa berat semua pengorbanan tersebut. Tetapi dengan rasa cinta, kemua kesulitan tersebut akan menjadi ringan.

Dengan rasa cinta itulah kemudian kita akan menjadi ridho kepadanya, ridho untuk diatur olehnya, ridho untuk mengikuti aturan-aturan yang ditetapkannya.

Rasa cinta dan ridho kepada Allah ini akan menuntun kita pada sibghah Allah. Yaitu akan mewarnai hidup kita dengan aturan-aturan Allah, seakan menyatu dengan aturan-aturannya, dan seolah identik dengan aturan-aturan Allah.
Seperti halnya para sahabat yang disebut sebagai Al Quran yang berjalan.
Dengan sibghah Allah itulah pada akhirnya kita justru akan merasa asing dari melakukan maksiat kepada Allah. Sibghah Allah inilah yang akan membersihkan hati kita sehingga mudah menerima kebenaran.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: